Senin, 08 September 2014

Contoh teks negosiasi

Teks negosiasi adalah teks yang didalamnya terdapat tawar menawar untuk mencapai keputusan bersama
Berikut contoh teks negosiasi tentang pemain sepak bola



Pada Suatu hari datanglah seorang manajer sekaligus pelatih dari suatu klub sepak bola terkenal di dunia menghampiri seorang pemin bola professional bernama Nabila yang sedang berlatih sepak bola.
Manajer          : “Selamat pagi , dek”
Nabila              : “Iya , selamat pagi juga bu”
Manajer          : “Perkenalkan nama saya Eveline Magdalena , saya manajer dari klub SMAN1G
                            United.” *berjabat tangan*
Nabila              : “Oh iya , ada keperluan apa ya bu?”
Manajer          : “Begini dek , kebetulan klub saya sedang membutuhkan pemain striker yang
                           memiliki kecepatan dan kelincahan. Jadi saya bermaksud mengajak anda untuk
                           bergabung ke klub kami.”
Nabila              : “Hmmm… bagaimana ya bu , saya masih belum yakin”
Manajer          : “Saya berani bayar tinggi untuk anda , agar anda mau masuk ke klub kami.”
Nabila              : “Memang ibu akan membayar saya berapa perbulan & pertahunya?”
Manajer          : “Ya saya akan membayar anda Rp 10 juta per bulan dan Rp 200 juta per tahun.”
Nabila              : “Wah .. maaf bu kalau segitu masih kurang , karena tidak sebanding dengan
                            keperluan saya sehari hari seperti sepatu , bola , pelindung , dll.”
Manajer          : “Oh jangan khawatir , semua fasilitas untuk bermain bola sudah kami tanggung
                          , jadi gaji tersebut bersih.”
Nabila              : “Oh..bergitu , Tapi tidak terima kasih bu , jika segitu saya masih belum bias
                           terima karena masih ada klub lain yang berminat mentransfer saya ke klubnya
                           dengan harga yang lebih tinggi.”
Manajer          : “Baiklah akan saya naikan menjadi Rp 12 Juta per bulan dan Rp 220 Juta
                            pertahun , bagaimana ?”
Nabila              : “Maaf bu , tetap tidak bisa , saya rasa itu tidak sebanding dengan kemampuan
                           saya , Jika harganya naik hingga Rp 18 Juta per bulan dan Rp 250 Juta per tahun
                          dengan senang hati saya akan menerimanya , bahkan saya akan bermain
                          dengan sungguh-sungguh.”
Manajer          : “Baiklah saya naikan hingga Rp 20 juta perbulan dan Rp 250 juta per tahun ,
                           tetapi dengan syarat kami tidak mengfasilitasi perlengkapan bermain anda ,
                           bagaimana?”
Nabila              : “Oke saya setuju” *Berjabat tangan*
Manajer          : “Kalau begitu besok datanglah ke stadium untuk tanda tangan kontrak , setelah
                            itu anda sudah dibolehkan untuk berlatih bersama klub kami.”
Nabila              : “Baiklah bu , Terima kasih banyak”
Manajer          : “Ya , sama-sama.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar